Jadi Pembicara di Kin's English Toastmaster Club

Halo semua, apa kabar? Kali ini, aku ingin berbagi cerita tentang pengalamanku melakukan presentasi dengan bahasa Inggris via Zoom. Dulu, aku sempat les di BBC Ungaran. Aku les di sana sejak kelas 1 SD. Aku diajar oleh Miss Iffi, beliau adalah orang yang ramah dan ceria. Rasanya sangat menyenangkan di BBC. Tak hanya gurunya, begitu pula dengan teman-temanku.


Jadi pembicara di Kin's English Toastmaster Club

Sayangnya, karena awal pandemi tahun 2019 kemarin, les ditutup. Aku sedih, tak bisa bertemu teman-teman dan Miss Iffi lagi. Saat ini, kelas bahasa Inggris di BBC sudah dibuka. Hanya saja kelasku belum dibuka lagi. Betah deh, les di BBC. Karena kelas masih ditutup, akhirnya aku mendaftar ke sebuah kelas online yang bernama Kin’s English agar aku semakin lancar berbahasa Inggris.

Sekarang aku sudah les percakapan bahasa Inggris di Kin’s English kurang lebih 5 bulan. Aku les seminggu sekali, selama satu jam. Biasanya kami akan mengobrol tentang kehidupan sehari-hari, tentunya dengan berbahasa Inggris ya. Kami juga sering main games, seperti main tebak kalimat, menjawab pertanyaan secara cepat, dan lain-lain. Biasanya guru juga akan memberikan kata-kata atau sebuah materi setiap hari melalui WA.

Dengan les percakapan ini, aku merasa lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris. Aku juga menjadi lebih lancar saat berbicara.

Jadi Pembicara di Kin's English Toastmaster Club

Kin’s English adalah kelas bahasa Inggris yang didirikan oleh Om Seto Kinara di Semarang. Kin’s English sudah memiliki banyak murid, dari Indonesia maupun negara lainnya seperti India dan Filipina. Keren banget!

Di Kin’s English, aku diajar oleh Miss Sarah. Pecinta makanan manis ini mengajakku untuk mencoba presentasi menggunakan bahasa Inggris. Memang, di Kin’s English setiap bulannya akan mengundang salah satu murid untuk presentasi via Zoom. Nama acaranya adalah Toastmaster Club. Aku pernah ikut acaranya satu kali dan seru juga karena kita bisa bebas bertanya dalam bahasa Inggris, bisa melatih kemampuan percakapan kita.


Jadi Pembicara di Kin's English Toastmaster Club

Bulan Februari 2022, aku ditawarkan untuk ikut. Aku diperbolehkan memilih tema sendiri, dan bebas menentukan jadwalnya. Aku pun menerima tawaran presentasi. Akhirnya, aku memilih tema ‘Writing Is Fun’ aku menceritakan pengalaman menulisku. Mulai dari awal menulis waktu TK, hingga menulis artikel di blog. Juga saat aku mengikuti lomba. Aku pun menunjukkan buku-buku yang sudah aku tulis. Pamer yaa, hehe.

Presentasi dilakukan hari Jumat, tanggal 11 Februari 2022 pukul 7 malam. Deg-degan deh, rasanya. Apalagi PPT yang akan aku pakai belum kelar. Akhirnya aku ngebut latihan, dan Mama membantu menyelesaikan PPT tersebut. Untungnya PPT itu sudah jadi sebelum acara dimulai! Huft..

Jumat malam, acara dimulai dengan Miss Sarah sebagai pembawa acaranya. Om Seto juga sudah hadir. Dan banyak murid yang berdatangan, masuk ke dalam Zoom meeting. Ada Oma dan Abahku juga! Mama pun ikutan masuk ke dalam Zoom, memantau. Haha.

Tak lama, aku diminta untuk mulai presentasi. Walau tersendat-sendat, Alhamdulillah aku berhasil menyelesaikan presentasinya. Menurutku, aku memang kurang bagus dan masih tergesa-gesa dalam berbicara. Tapi, tidak apa-apa karena ini adalah pertama kalinya.


Jadi Pembicara di Kin's English Toastmaster Club

Setelah presentasi usai, semuanya diberikan kesempatan untuk bertanya. Mamaku siap siaga di sampingku, untuk membantu kalau saja aku tidak bisa menjawab. Alhamdulillah, aku bisa menjawab semua pertanyaannya. Meski harus bingung dan agak panik dulu, karena pertanyaannya susah-susah. Hihihi.

Ya, begitulah pengalaman pertamaku presentasi dengan bahasa Inggris. Meski belum bagus, aku sangat senang dengan respon baik dari orang-orang yang hadir, dan memberikanku apresiasi. Aku jadi tambah semangat untuk belajar bahasa Inggris dan menulis. Pengalaman ini sangat menyenangkan! Aku ingin mencoba melakukan presentasi lagi, bila ada kesempatan. 

Terima kasih Kin’s English, atas kesempatannya!

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Keren banget Nai! Sebelia itu sudah jadi pembicara 😍 sehat selalu ya.. biar aktivitas dan prestasinya nambah2 terus

    BalasHapus
  2. Salut deh sama Nai. Keren. Biar makin lancar ya public speakingnya. Emang butuh percaya diri sih saat menjadi pembicara..

    BalasHapus
  3. wah, kemarin ketinggalan nggak ikutan acara kak naila yang ini. semoga di lain kesempatan bisa ikutan ya. keren banget, sudah berani bicara depan umum gini, pakai bahasa inggris lagi. lanjutkan !!! ^_^

    BalasHapus
  4. Tempat lesnya keren banget, selain belajar, murid-murid juga dilatih untuk percaya diri berbicara di depan umum. Semangat terus Kak Nai

    BalasHapus
  5. Wahhh kak Nai hebat berani presentasi gini, btw kita sama-sama alumni BBC tapi beda zaman aja hahahaha. Semoga belajarnya makin giat kak Nai

    BalasHapus
  6. Wah Nai keren bangt! MasyaAllah... Sudah berani presentasi dengan bahasa inggris...semakin semangat belajar ya Nai...

    BalasHapus